01 May 2011

Ubuntu 11.04


Tepat di tanggal 28 April 2011, Ubuntu versi 11.04 secara resmi direlease dan sudah memasuki versi final dimana bug dan error yang ditemui di versi beta sebelumnya sudah di fixed. Tentunya aku sebagai computer enthusiast sangat menantikan kehadiran Ubuntu yang baru ini, yah bukannya bagaimana gitu, lah aku ini orangnya termasuk tipe yang agak bosenan dan suka dengan hal-hal yang baru termasuk pada Ubuntu ini.

Setelah aku melihat beberapa review-review Ubuntu terbaru ini di beberapa forum, banyak yang menyatakan bahwa Ubuntu yang baru ini memiliki tampilan yang berbeda dibandingkan Ubuntu sebelumnya, ada yang pro, begitu pula yang kontra. Selain tampilan, ada beberapa program yang digantikan dengan program baru yang sebenarnya tidak berbeda jauh dengan versi sebelumnya juga. Yah terkadang perubahan itu perlu untuk hal yang lebih baik, tapi tidak semua orang perlu dengan perubahan tersebut mengingat kepentingan mereka yang berbeda satu sama lain.

Berikut adalah beberapa fitur yang terdapat pada Ubuntu 11.04 dan perubahan jika dibandingkan dengan Ubuntu sebelumnya:






1. Desktop Environment (DE), dimana saat ini Ubuntu 11.04 sudah menggunakan theme Ubuntu One (Unity) yang biasanya terdapat pada Ubuntu versi netbook (Ubuntu Netbook Edition) sebagai default DE. Ini berbeda dengan Ubuntu sebelumnya yang masih menggunakan GNOME (tampilan standar) dan ini yang membuat Ubuntu 11.04 banyak dibicarakan oleh pihak pro dan kontra terhadap DE terbaru ini.





2. Office Application, dimana saat ini OpenOffice yang sudah pre-installed di Ubuntu digantikan oleh LibreOffice. Dari segi tampilan dan fungsionalitas terlihat sama persis mengingat LibreOffice dikembangkan oleh orang-orang yang juga mengembangkan OpenOffice. Mungkin biar enggak bosen kali yah ? hehehehehe.





3. Music Application, Banshee saat ini menggantikan Rhythmbox sebagai default music player. Untuk kualitasnya aku belum bisa mencobanya karena terbatasnya bandwidth untuk mendownload plugin MP3 agar bisa melakukan music playback. Hehehehehehe.





4. Internet Browser, jika sebelumnya pada Ubuntu 10.10 masih menggunakan Firefox versi 3.6.10 maka di Ubuntu 11.04 ini sudah menggunakan Firefox versi 4.0 dimana versi terbaru dari Firefox ini memilik tampilan yang lebih sederhana dan diklaim memiliki kecepatan yang lebih dibandingkan Firefox sebelumnya.

Sementara ini hanya segitu saja yang bisa aku berikan pendapatnya mengenai fitur-fitur Ubuntu 11.04 ini, mengingat terbatasnya waktu dan masih sempitnya pengetahuanku mengenai Linux, khususnya Ubuntu. Tapi aku akan mencari lebih banyak tentang kelebihan Ubuntu terbaru ini mengingat aku yang sudah mulai melirik open source sebagai ‘mainan’ sehari-hari. 

No comments:

Post a Comment